The World’s Most Innovative Country………JAPAN!

Kreatif dan inovatif. Kedua kata tersebut memiliki hubungan yang cukup erat. Dengan adanya kreatifitas, inovasipun dapat timbul. Tetapi tidak selalu seperti itu keadaannya. Terkadang seseorang hanya berhenti di kreatif dan tidak melanjutkannya ke inovasi karena beberapa faktor. Tetapi, jelas jika kita mau melakukan inovasi, hal pertama yang dibutuhkan adalah ide yang kreatif.

Ditanyakan tentang negara yang paling kreatif dan inovatif, di benak saya langsung timbul negara Jepang. Jika disebutkan kata ‘Jepang’, hal yang timbul di benak saya adalah Harajuku (fashion style pemuda pemudi Jepang yang terkesan nyeleneh), Doraemon (kartun yang sangat terkenal karangan Fujiko F. Fujio, yang telah dikenal luas di kalangan internasional), perusahaan-perusahaan otomotif seperti Honda, Suzuki, Yamaha yang telah menginvasi berbagai negara di belahan dunia dengan teknologi kendaraan yang inovatif serta mampu menembus pasar dari beragam kultur dan budaya.

Pengalaman saya pergi ke Jepang, saya mendapatkan banyak inspirasi bagaimana majunya sebuah negara. Hal yang paling menonjol adalah teknologi. Sesaat saya sampai di Narita Airport, saya langsung kagum dengan kecanggihan toiletnya.

Disana, wastafel dan pengering tangan berada di tempat yang sama. Jadi, setelah mencuci tangan, langsung dikeringkan. Kemudian di dudukan kloset, terdapat settingan untuk memilih suhu dudukan kloset, suhu air, lagu, dan membersihkan dudukan kloset secara otomatis. Kecanggihan teknologi lain yang saya temukan adalah pada saat saya ke sebuah restauran di Shibuya. Di restoran tersebut, kita dapat melihat menu makanan serta menu minuman yang tersedia dari layar yang terdapat di meja makan. Dari layar touch-screen tersebut, kita juga dapat mengorder menu yang kita inginkan.


Hal lain yang saya kagumi dari Jepang adalah walaupun sudah sangat modern, Jepang tetap memasukkan serta mempertahankan unsur tradisional yang lekat dengan kebudayaannya. Seperti contohnya adalah ketika saya berada di daerah bernama Hakone. Disitu, saya menginap di sebuah hotel yang sangat tradisional tetapi tidak melupakan kemodernannya serta budayanya yang sangat kental. Setiap kita mau makan, kita harus menggunakan kimono, kemudian di ruang makan telah disediakan makanan-makanan khas jepang seperti sushi, sashimi, unagi-don, dll. Kamar di hotel itupun interiornya seperti rumah-rumah Jepang yang dimana kita tidur di lantai dan menggunakan matras dan selimut. Disini terlihat unsur kreatif serta inovasi dari Jepang itu sendiri dimana mereka menarik pengunjung dengan memajukan teknologi tanpa melupakan unsur budaya itu sendiri.

Inovasi lain yang saya temukan di Jepang adalah bagaimana mereka mempermudah masyarakat serta turis untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. Misalnya dengan cara mereka membuat vending machine. Biasanya, vending machine hanya berisi minuman ringan serta cemilan seperti coklat, kacang, dan permen. Tetapi, di Jepang bisa ditemukan vending machine dengan barang-barang seperti makeup kit, iPod, earphone, rokok, soup cepat saji, dll. Mereka sangat kreatif dengan membuat sesuatu menjadi hal baru dan membuat orang tertarik untuk mendapatkan pengalamannya.

Harajuku, gaya busana yang sangat nyentrik dan sangat popular di internasional ini hanyalah berawal dari nama sebuah jalan di Tokyo, Jepang. Pada awalnya, gaya busana tersebut hanya berasal dari sekelompok anak muda yang menyukai manga kemudian mengaplikasikan gaya busana tersebut ke kehidupan sehari-hari dan mereka biasa berkumpul di Harajuku Street. Gaya busana tersebutpun makin lama makin terkenal dan mulai digemari oleh pecinta manga lainna. Dari situlah bagaimana timbulnya gaya ‘Harajuku’. Jadi dapat terlihat baaimana Jepang dapat memberikan influence yang cukup besar di dunia busana internasional.
Otomotif produksi Jepang telah kita ketahui sudah menginvasi dunia otomotif ibterbasional. Mereka dapat memberikan kendaraan dengan desain yang sangat high-tech juga dengan kualitas yang tinggi. Merk seperto Honda, Yamaha, Toyota, telah mendominasi kehidupan otomotif internasional.

Transportasi umum di Jepang juga sangatlah maju. Dengan memajukan angkutan umum, tentu mempermudah akses masyarakat dari satu wilayah ke wilayah lain. Yang paling saya kagumi adalah kereta shinkansen. Kereta tersebut memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan fasilitas yang sangat nyaman sehingga membuat orang akan memilih menggunakan shinkansen dibandingkan pesawat apalagi biaya menggunakan shinkansen lebih murah dibandingkan menggunakan pesawat sebagai akses ke kota-kota lain di Jepang.
Nah, dari hal-hal tersebutlah saya dapat mengatakan Jepang merupakan negara paling inovatif dan kreatif. Hal penting lainnya adalah bagaimana Jepang dapat memberikan pengaruh dari kreatifitas serta inovasi tersebut ke seluruh dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: