Creativepreneur by Ridwan Kamil

Bisnis? Darimana bisnis itu datang? Ya! Semua bisnis berasal dari ide. Ide merupakan added value yang akan berkembang menjadi bisnis yang diimplementasikan.

Bagaimana dengan Indonesia saat ini? Indonesia merupakan negara yang cukup kuat di bidang ekonomi saat ini. Pada tahun 2008, krisis duniapun terjadi, tetapi Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara yang tidak terkena dampak bisnis tersebut. Tiga negara itu adalah Indonesia, Cina, dan India. Sangat kagum dengan pencapaian Indonesia, dan ternyata Indonesia berada di posisi aman karena Indonesia mengandalkan perekonomian local. Jadi, kurang lebih 60 persen perilaku ekonomi di Indonesia dikuasai oleh pasar dalam negeri! Nah! Untuk tetap membangung perekonomian negara kita, tentunya kita harus memiliki banyak entrepreneur yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif!

Bagaimana ya jadi entrepreneur yang kreatif?

Menurut Ridwan Kamil, terdapat beberapa cara untuk menjadi entrepreneur yang kreatif, diantaranya adalah………

1. Jiwa inovatif

Maksud dari jiwa inovatif ini adalah gimana kita dapat mengembangkan cara berfikir ‘think out of the box’. Maksudnya adalah gimana kita dapat memiliki pandangan yang berbeda dari selayaknya. Jika biasanya orang berfikir A, bagaimana kita dapat berfikir Z!

2. Risk Taker

Menjadi seorang entrepreneur tentunya harus berani mengambil resiko. Tetapi, tentunya resiko tersebut sudah harus dikalkulasikan jadi kita berani mengambil resiko tersebut. Kenapa harus berani? Tentunya dengan menjadi seorang dengan tipe risk taker, akan membuat kita lebih maju dalam menjalani kehidupan.

3. Visionary

Selanjutnya, dalam hidup ini, tentunya kita harus memiliki goal atau tujuan dalam menjalaninya. Jadi, masing-masing individu harus memiliki visi yang akan dijalankan oleh misinya.

4. Strong Leadership

Selanjutnya adalah strong leadership. Dengan memiliki cara kepemimpinan yang kuat, tentunya kita dapat memberikan contoh yang baik ke orang lain, kemudian kita dapat menginfluence serta memotivasi orang lain tersebut

5. Problem Solver

Menjadi seorang entrepreneur yang baik, pastinya harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Menjadi problem solver merupakan salah satu nilai plus serta cara untuk menjadi entrepreneur.

6. Agent of Change

Nah yang terakhir adalah seorang entrepreneur harus bisa menjadi agent of change. Apa maksudnya? Maksudnya adalah seseorang harus bisa memberikan perubahan yang lebih baik kepada lingkungan di sekitarnya.

Nah, setelah mempelajari cara menjadi entrepreneur, tentunya kita harus mengetahui cara membangun bisnis yang kreatif. Ada beberapa langkah untuk memulainya, yaitu:

a. Observation

Yang dimaksud dengan observasi adalah bagaimana kita bisa melihat peluang-peluang bisnis dengan berbagai macam cara. Interaksi observasi bisa dilakuin dengan traveling, menambah networking, dll.

b. Selecting

Setelah melakukan observasi dan mendapatkan banyak opsi, tentunya langkah berikutnya adalah kita harus memilih mana bisnis yang paling tepat untuk kita. Nah lebih bagus lagi apabila yang kita pilih itu sesuai dengan passion kita dan memiliki perspektif ke depan yang baik.

c. Think Differently

Nah sesuai yang udah dibahas diatas, kita harus berfikir out of the box. Jadi, bagaimana kita bisa berfikir di luar batas dan di luar kapabilitas orang biasanya.

d. Make Plan

Setelah tiga tahap diatas, kita harus pinter membuat rencana untuk menjalankan bisnis itu sendiri. Cara paling bagusnya adalah dengan membuat milestone dan to do list agar memudahkan kita untuk mencapai tujuan kita nantinya

e. Scalable

Dalam menjalankan bisnis, tentunya kita ga boleh asal-asalan. Nah jadi, semua bisnis yang kita lakukan tentunya harus dapat diskalain.

f. Design and Technology

Design dan teknologi juga merupakan elemen yang cukup esensial dalam membangun kreatif bisnis. Kita harus pintar dalam memancing customer dengan membuat bisnis yang designnya berbeda dan bagus dengan teknologi yang tinggi juga.

g. Networking

Networking udah pasti jadi hal yang sangat penting. Dengan adanya networking kita dapat menyampaikan bisnis kita kemanapun dengan lebih mudah.

h. Innovative Marketing

Ini tahap terakhir dimana kita harus memasarkan bisnis kita. Dalam memasarkan bisnis pasti ga gampang, maka dari itu gimana caranya kita harus membuat marketing yang menarik dan inovatif sehingga orang tertarik.

Hal-hal tersebutlah yang saya dapatkan dari Bapak Ridwan Kamil. Menurut saya, Ridwan Kamil merupakan salah satu role model saya dalam bidang creativepreneur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: